Home » , , » Seminar "Upaya Peningkatan Minat dan Kegemaran Membaca"

Seminar "Upaya Peningkatan Minat dan Kegemaran Membaca"

Penulis : ZHANtech | Selasa, 09 September 2014

Seminar "Upaya Peningkatan Minat dan Kegemaran Membaca"
perpusdacilacap.blogspot.com - Setelah berlangsungnya acara Pembukaan Pameran Perpustakaan  (baca juga Catatan Kecil Pembukaan Pameran Perpustakaan) yang diselenggarakan Oleh Badan Diklat Arsip dan Perpusda Kabupaten Cilacap pada (9/9/2014) pukul 09.30 WIB lalu, kini tiba acara selanjutnya yakni Seminar dengan judul "Upaya Peningkatan Minat dan Kegemaran Membaca" yang disampaikan oleh Ibu Sumarni, S.Sos, MA (Ketua IPI Prov. Jawa Tengah). Seminar ini kurang lebih dihadiri oleh 80 tamu undangan yang merupakan pustakawan di sekolah - sekolah Kabupaten Cilacap.

Sesuai dengan judul seminarnya, beliau menuturkan permasalahan - permasalahan yang terjadi di Indonesia yakni tentang minimnya kebiasaan membaca masyarakat Indonesia, sekaligus memberikan solusi agar masyarakat indonesia mengalami peningkatan minat dan kegemaran membaca. Telah kita ketahui bersama bahwa orang indonesia khususnya diri kita sendiri lebih banyak mendapatkan informasi dari mendengar dan bertanya. Mungkin sangat sedikit informasi yang kita dapatkan dari media cetak seperti buku - buku bacaan, majalah, koran, dll.

Oleh karena itu membaca perlu dipupuk, dibina, diarahkan dan ditingkatkan sejak dini dari masa bayi dan pra sekolah (0 - 5 Tahun), masa anak sekolah (6 - 12 Tahun), masa remaja (13 - 18 tahun) sampai masa dewasa yang melibatkan peran orang tua, sekolah dan masyarakat.

Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi minat baca seseorang, baik faktor internal di dalam diri kita sendiri maupun faktor eksternal atau diluar diri kita. Faktor internal terdiri dari sehat jasmani dan rohani, tenang dalam aktifitas membaca, konsentrasi terhadap apa yang dibaca, tidak dalam keadaan sakit, wawasan pengetahuan yang mempengaruhi kecepatan pemahaman, dll.
Faktor Eksternal diantaranya peran dari keluarga (Orang Tua). Para orang tua harus memberikan keteladanan kepada anak - anaknya untuk gemar membaca buku. Selain itu masih banyak lagi, Peran perpustakaan yakni menambah koleksi buku sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengunjung. atau mungkin Peran dari Organisasi untuk mengadakan kegiatan yang dapat menumbuhkan minat baca masyarakat.

Minat dan kegemaran membaca bisa juga meningkat dengan adanya motivasi internal diantaranya adanya kebutuhan untuk mengetahui isi sebuah buku dikarenakan judul bukunya menarik, adanya manfaat yang terbukti setelah membaca buku, yakni menambah pengetahuan dan kemajuan diri, dan adanya dorongan untuk mencapai cita - cita yang diinginkan.
Selain ada dari internal, minat dan kegemaran membaca bisa juga meningkat dengan adanya dorongan dari eksternal yakni jika rajin membaca akan mendapatkan hadiah, membaca buku untuk menghindari hukuman, atau adanya kompetisi yang mendorong seseorang untuk mendapatkan penghargaan.

Sumber : http://www.santri-indigo.com/2014/09/seminar-peningkatan-minat-dan-kegemaran.html


Share this article with your friends

Posting Komentar